Apa masakan suku Mandar yang paling enak, jawabannya adalah hidangan “Bau Peapi”, masakan ikan dengan dengan campuran ikan segar, asam mangga, bawang daun, kunyit kuning dan minyak, gurih serta lezat di lidah.

Bau peapi sebenarnya sederhana, ikan yang direbus, tetapi bumbu pasangannya yang membuatnya berbeda, aroma dan bumbu saat proses pemasakan meresap jauh ke dalam daging ikan sehingga menimbulkan rasa yang dalam dan nikmat. Rasa asam dari “pammaissang” yang terbuat dari asam mangga, membuatnya memiliki sedikit rasa asam, belum lagi minyak yang diambil dari kelapa asli membuatnya menjadi sangat gurih ketika dicicipi. Paduan bumbu dapur seperti bawang merah, garam, cabe rawit dengan pewarna kuning kunyit membuatnya sempurna untuk jadi hidangan tradisional milik suku Mandar.

Masakan Suku Mandar Terenak, Rasa Gurih Dan Asamnya Lezat

Makanan suku Mandar ini jadi yang paling ikonik, salah satu suku besar yang jumlahnya dominan dan menghuni provinsi Sulawesi Barat. Ketika berkunjung ke Sulbar maka seolah tak afdal jika tak menikmati kuliner dengan ikan bahan utama ikan laut segar. Suku Mandar dikenal sebagai pelaut ulung yang banyak mencari hidup di pesisir pantai, karena itu tak sulit untuk mendapatkan menu ikan laut segar, bahan terbaik untuk menu bau peapi sempurna adalah ikan laut segar yang masih mengkilap permukaan kulitnya.

masakan suku mandar bau peapi

Bau peapi menjadi makanan suku Mandar yang paling dicari oleh wisatawan yang pertama kali berkunjung ke wilayah Mandar. Selain bau peapi, kuliner Jepa juga menjadi menu paling khas dari suku ini. Jika ingin sempurna maka memasangkan kedua menu ini adalah paduan kombinasi yang paling tepat, jepa sebagai sumber karbohidrat, sementara ikan laut sebagai sumber protein hewani. Dua menu ini memang sering dipasangkan dan menjadi pasangan terkenal, Jepa-Bau Peapi.

Kelezatan bau peapi pantas untuk dicicipi, menu ini sangat mudah ditemui di wilayah-wilayah suku Mandar di dekat pesisir, misalnya di kab. Mamuju, Majene, dan Polewali Mandar. Tak sedikit pula rumah makan yang menyajikan secara khusus menu ini untuk jadi menu santapan pilihan saat pengunjung menginginkan menu bau peapi.

Jika anda berada di pusat kota provinsi Sulawesi Barat tepatnya di kab. Mamuju beberapa rumah makan makan menyajikan menu ini sebagai pilihan hidangan yang dapat anda pesan. Rumah makan Cici Catering dan rumah makan Asia adalah tempat yang dapat anda tuju keduanya menyajikan hidangan Bau Peapi (ikan masak Mandar) yang cukup lezat. Jika menyeberang ke kabupaten tetangga yaitu di kabupaten Majene, maka anda dapat menikmati dan memesan menu bau peapi di rumah makan Dapur Mandar, kec. Pamboang, sekitar 13 km arah utara kota Majene. Sayangnya jika ke kab. Polewali Mandar, Anda tidak akan menemukan rumah makan yang menyajikan menu makanan ini, lebih mudah menemukannya di rumah-rumah penduduk dibandingkan di rumah makan, hidangan bau peapi sudah sangat lumrah di Polewali Mandar.

Cukup mudah menemukan hidangan makanan suku Mandar ini di kota Mamuju, karena ia ditawarkan di beberapa rumah makan, namun jika ingin merasakan suasana yang berbeda cobalah berkunjung ke rumah-rumah orang suku Mandar, jika anda memiliki kenalan, kerabat, atau handai taulan yang berasal dari suku Mandar, maka kunjungilah tempat domisilinya, dan mintalah kuliner bau peapi Mandar untuk disajikan. Untuk menyajikan makanan khas suku Mandar ini tidaklah sulit, bahannya mudah didapatkan, apalagi jika masih berada di tanah Mandar.

Jika telah merasakan, bau peapi, masakan suku Mandar yang paling enak, maka anda dapat membandingkannya dengan masakan-masakan khas dari suku lain, misalnya saja dengan Nasu Kadundung, makanan khas suku Pattae, salah satu suku yang juga ada di Sulawesi Barat.

sumber :http://www.tommuanemandar.com/bau-peapi-masakan-suku-mandar-paling-enak

Leave a Reply