Topik: Opini Guru

Dalam Kerangkeng Nyaman

‘Itu sudah biasa’ atau ‘dari dulu juga begitu’, kalimat yang mungkin sering menjadi jawaban untuk berbagai pertanyaan kenapa begini atau kenapa begitu?

Kalimat yang sama sering menjadi jawaban yang saya dengar beberapa hari ini dari warga Sedulang, Kalimantan Timur. Sehari-hari hidup dengan memanfaatkan air sungai yang mengalir membelah desa, bagi mereka sudah menjadi hal yang biasa. Meskipun air sungai berwarna keruh dan sedikit berbau, air sungai tetap dimanfaatkan warga untuk urusan mandi, cuci, dan kakus tanpa melakukan penyaringan air terlebih dahulu.

“Kenapa airnya tidak disaring?” Jawabnya sederhana saja, karena dari dulu juga seperti itu dan tidak ada masalah. Rasa nyaman akan sesuatu terkadang justru menjadi kerangkeng untuk kita menjadi lebih baik. Rasa nyaman meninabobokkan kita dan membuat kita terlelap dalam kondisi yang seharusnya dapat berubah lebih baik lagi.

Dalam kerangkeng nyaman, itulah kira-kira kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi dimana kita merasa nyaman dan tak perlu perubahan lagi. Seperti katak yang hanya diam dalam air yang perlahan dipanaskan, yang menikmati hangatnya air tanpa sadar bahwa ia akan segera mati begitu air mendidih.

Kondisi seperti ini sangat berbahaya karena mematikan rasa ingin tahu dan jiwa pembelajar kita. Kita tak perlu lagi mencari tahu bagaimana cara menjernihkan air karena telah nyaman dengan air keruh, dan kebiasaan-kebiasaan lain yang justru membuat kita semakin tertinggal.

Tak jarang kita tidak sadar bahwa sebenarnya saat ini kita sedang dalam kerangkeng nyaman yang perlahan-lahan melemahkan bahkan membunuh kita–membunuh produktivitas dan kreativitas kita. Cara terbaik untuk lepas dari kerangkeng nyaman ini hanya satu, yaitu dengan terus belajar.


Sebelumnya dimuat di Potol.net dengan judul yang sama.

Musyrifah

Dipublikasikan oleh
Musyrifah

Terbaru

Pengumuman Kelulusan TA 2023/2024

01-SK-KELULUSAN-2024-fixUnduh

6 Mei 2024

SMKN 1 Majene Raih Akreditasi “A”

SMK Negeri 1 Majene telah meraih akreditasi "A" pada tahun 2023. Prestasi ini menegaskan posisi…

14 Mei 2023

Pengumuman Kelulusan TA 2022/2023

Daftar Nama Peserta Didik yang Lulus di SMK Negeri 1 Majene Tahun Pelajaran 2022/2023

5 Mei 2023

Sinkronisasi Kurikulum SMKN 1 Majene dengan DUDIKA Pasangan

SMK Negeri 1 Majene melaksanakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan DUDIKA pasangan, Kekean Wastra…

7 Januari 2023

Malewu Art Juarai Lomba Fashion Show Muslimah

SMK Negeri 1 Majene kembai meraih prestasi pada Lomba Fashion Show Muslimah yang diselenggarakan pada…

28 Desember 2022

SMKN 1 Majene Juara II Cerdas Cermat Lalu Lintas

Tim cerdas cermat SMK Negeri 1 Majene berhasil meraih Juara II pada Lomba Cerdas Cermat…

30 September 2022